. Jl. Soekarno Hatta No. 44 (Lantai 2&3), Samping Bank Nagari Pasar Banto Bukittinggi HP. 0852 7432 0271,0819 757 1711...DIBUKA KELAS PRIVATE DAN REGULER...
.::SELAMAT HUT RI KE 71(1945-2016) : INDONNESIA KERJA NYATA::.
Gebyar Uji Kompetensi & Seminar Nasional PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Monday, 27 December 2010 16:17



Perhelatan akbar LSK-TIK; Gebyar Nasional Beasiswa Uji Kompetensi dan Seminar Nasional Sertifikasi Kompetensi di kota Solok-Sumatera Barat pada hari Senin, 20 Desember 2010 yang lalu berlangsung meriah dan sukses dihadapan 300 peserta. Kunci sukses penyelenggaraan acara berskala nasional ini tidak lepas dari kegigihan Panitia Lokal yang dikomandoi oleh TUK-TIK Widyaloka Solok dan LKP Widyaloka Bukittinggi.

Kehadiran Dirjen. PNFI - Kemendiknas RI yang diwakili oleh 2 pejabat Kasubdit. Peningkatan Mutu Kursus - Bp. Drs. Yusuf Muhyiddin, M.Pd dan Kasubdit. Pengembangan Informasi - Bp. Drs. Sipken Ginting dari Ditbinsuskel - Ditjen. PNFI bersama-sama Sekretaris BAN PNF - Ibu Yessy Gusman, menyemarakkan acara gebyar dan seminar ini. Turut serta didalam rombongan dari ibu kota yang berjumlah 20-an peserta ini, beberapa ketua LSK dari Akuntansi, Bahasa Inggris, Tata Busana, Tata Kecantikan, dan Tata Rias Pengantin. Terlihat pula sejumlah Ketua TUK-TIK dari Garut, Medan, Asahan, Langkat, Banggai, Yogyakarta, dan Malang turut hadir bersama-sama puluhan pengurus organisasi mitra, HIPKI, HISPPI setempat yang berbaur dengan Kepala Sekolah, Pimpinan Dunia Usaha/Industri, Pejabat Dinas Pendidikan serta peserta beasiswa uji kompetensi.

Tayangan animasi-video karya peserta kursus kreatif LKP Sibernatika-Tangerang menjadikan puncak acara gebyar terkesan istimewa dan patriotik. Kelima ‘model’ peserta didik dengan pakaian adat pulau Sumatera, pula Jawa, pula Kalimantan, pula Sulawesi, dan pulau Papua mewakili ribuan peserta yang menerima beasiswa uji kompetensi, menghaturkan rasa terima kasih mereka ke pemerintah. Apapun Kualifikasi atau Profesi Anda, yang penting KOMPETENSI-nya,dipekikkan diakhir tayangan tersebut.

Dalam acara yang penting di penghujung tahun ini, LSK-TIK memberikan penghargaan kepada masyakarat, mantan pejabat, pelaku LKP, pengurus organisasi mitra, kelembagaan, dan sekolah yang telah menunjukkan kompetensi-nya di dalam perjalanan cikal bakal, awal, dan dinamika LSK-TIK saat ini.

Competency Award 2010 diberikan kepada Triningsih Ambar – (mantan anggota konsorsium komputer), Umberto Sihombing (mantan Direktur Pendidikan Masyarakat), Andreas Peranginangin (pimpinan LKP Cellpower Indonesia, Medan), Tri Wuryanto (Ketua DPD HISPPI Jawa Tengah), LKP Widyagama-Banggai, dan SMKN1 Wonosari - Gunung Kidul. Dedikasi, inovasi, konsistensi, dan komitmen menjadi nilai yang penting dalam kompetensi yang telah ditunjukkan oleh mereka.

Goresan penting yang mengawali pengukuhan dan pengakuan LSK-TIK dari dunia industri pun mulai tertancap. PT.Cyberindo Aditama, yang dikenal dengan CBN sebagai Internet Provider Services yang hampir dua dekade malang melintang di percaturan IT company menjadi Powering Partner LSK-TIK. Majalah InfoKomputer sebagai majalah insan IT yang terbesar di bumi persada ini menjadi Media Partner LSK-TIK. Forum Pengelola TI-PNF tempat bercokol TI-mania di lingkungan PNF menjadi Strategic Partner LSK-TIK. Beberapa partnership lainnya yang masih dalam diskusi dan pematangan konsep sinergitas dengan LSK-TIK diharapkan dalam waktu dekat ini dapat dilakukan pula penandatanganan Nota Kerja Sama-nya.

Kompetensi kehidupan seluruh insan kompetensi, mulai dari Tempat Uji Kompetensi TIK (TUK-TIK), Penguji Uji Kompetensi CLCP (CLCE), dan beberapa pribadi yang enggan disebutkan namanya, mengumpulkan sebagian dari rejekinya untuk saudara-saudara kita yang tengah dilanda musibah. Total terkumpul Rp.30.310.366,- Dana Kemanusian ‘Kami Peduli untuk-mu Saudara-ku’ yang diserahkan secara simbolis ke Dirjen.PNFI – Kemendiknas RI untuk selanjutnya diteruskan ke PMI Pusat.

Testimoni dari SMKN 1 Wonosari – Gunung Kidul sebagai salah satu sekolah kejuruan yang konsisten menerapkan uji kompetensi sebagai nilai plus bagi lulusannya. Jatuh bangun dan berbagai dinamika dialami dengan komitmen dan terobosan-terobosan inovatif tentunya dapat dijadikan panutan bagi sekolah-sekolah lainnya pula.

Tarian Indang dipenutup acara yang melengkapi tarian Pasambahan diawal acara, dengan liak-liuk para penari yang gemulai dibalut pakaian adat minang yang gemilau, menjadikan acara gebyar ini suatu kenangan dan inspirasi bagi semua yang hadir untuk terus berpacu mengedepankan kompetensi di segala aspek kehidupan ini. Seratus dua puluh menit, satu persatu acara yang mengalir runtun dengan panduan tayangan slide di layar raksasa menunjukkan suatu kualitas penyelenggaraan acara yang apik dan professional. Selamat LSK-TIK dan jayalah Sertifikasi Kompetensi. (jh)

Last Updated on Monday, 27 December 2010 16:28